Sunday, November 04, 2007

WiMAX

Suatu ketika aku lagi ngobrol dengan teman dari Situbondo. Temanku ini punya kesibukan di bidang network dan software house. Sempat dia menyinggung tentang proyek yang dia kerjakan saat ini yaitu WiMAX. Hmm….rasanya pernah denger istilah ginian, iseng-2 aku nanya pak google.

 

WiMAX tuh singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, opoooo kuwi…..

Terus ada lagi istilah Wi-Fi, bedanya apa ya?

 

WiMAX merupakan suatu teknologi nirkabel (wireless) yang menyediakan hubungan jalur lebar (broad band) dalam jarak jauh, istilahnya tuh MAN (Metropolitan Area Network) dan berbasis standar IEEE 802.16 (nah loh, apaan tuh?). Sistem yang berbasis WiMAX mampu menyebarkan sinyal sejauh 30 mil, keren kan? Nantinya WiMAX ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan internet mobile, dan sepertinya akan menggeser teknologi lalu lintas data tercanggih saat ini yaitu 3G.

 

Sedangkan teknologi nirkabel atau wireless lainnya yang sudah ada saat ini antara lain Bluetooth yang menggunakan standar wireless IEEE 802.15 tapi penggunaannya hanya personal sehingga disebut juga dengan PAN (Personal Area Network); WiFi dengan standar IEEE 802.11 untuk penggunaan LAN (Local Area Network), sedangkan untuk standar lebih luas lagi adalah IEEE 802.20 yang diusung oleh WAN (Wide Area Network). Jadi kalo kita beli laptop atau notebook, salah satu spesifikasi tertulis 802.11 berarti laptop ini punya fitur Wifi.  

 

Suatu Sistem WiMAX terdiri dari 2 bagian, yaitu Tower WiMAX yang memiliki konstruksi mirip tower telepon seluler. Sebuah tower WiMAX dapat memberikan cakupan area yang sangat luas (lebih kurang sekitar 8000 km2). Bagian kedua yaitu Receiver WiMAX atau penerima, receiver dan antenna dapat berupa sekotak kecil kartu PCMCIA atau dapat tergabung dalam sebuah laptop seperti fitur WiFi yang ada sekarang.

 

Cara kerja sistem WiMAX yaitu dari internet backbone yang terhubung ke ISP (Internet Service Provider), disebarkan melalui transmitter (WiMAX 802.16 Transmitter) yang berupa tower kemudian sinyal ditangkap oleh receiver yang ada di rumah atau perkantoran untuk disebarkan lagi secara LAN.

 

Dalam setiap penggunaan teknologi baru tentunya kita sebagai calon konsumen pasti akan menanyakan, apa sih keuntungan penggunaan teknologi WiMAX ini?

Dengan pita frekuensi yang lebih lebar membuat system ini sangat handal dalam penyebaran sinyal, sehingga pohon atau gedung-gedung pencakar langit bukanlah suatu halangan. Selain  itu ada 2 jenis layanan nirkabel yang ditawarkan oleh WiMAX, yaitu:

  1. Non-Line of Sight, yaitu dengan menggunakan antenna kecil atau modem yang ada pada computer atau laptop kita langsung terhubung dengan tower WiMAX. Dalam hal ini WiMAX menggunakan lingkup frekuensi yang lebih rendah yaitu antara 2 – 11 GHz, seperti frekuensi yang digunakan pada WiFI. Transmisi dengan menggunakan panjang gelombang yang lebih rendah tidak akan muda diganggu oleh hambatan fisik.
  2. Layanan Line of Sight, yaitu dengan menggunakan antenna tetap yang diarahkan langsung ke tower WiMAX. Layanan ini lebih kuat dan stabil, sehingga mampu mengirimkan data dalam jumlah yang lebih besar dengan error yang lebih kecil. Disini digunakan transmisi dengan frekuensi yang lebih tinggi hingga 66 GHz, frekuensi tinggi mengurangi interferensi dan meningkatkan bandwidth.

Kita berharap semoga WiMAX ini dapat segera digunakan dan tentunya pemerintah harus mempersiapkan regulasi yang benar, tidak seperti jaringan 3G yang ternyata walaupun sistemnya cukup handal dan teknologi lebih canggih, namun dari segi harga masih jauh dari yang kita harapkan, karena ternyata teknologi 3G masih tergolong mahal, terutama dari segi perangkat. --Sandi (Dari berbagai sumber)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home