Wednesday, July 20, 2005

Tentang TA

Sejak kemaren sampai hari ini aku menguji aktivitas enzim dari bakteriku, kemaren malem aku uji stabilitasnya pada beberapa pH alias nyari pH optimumnya, tapi datanya aneh sekali coz aktivitasnya sangat tinggi pada hampir semua pH. Aneh.....
Akhirnya hari ini aku ketemu Bu Mae, menurut beliau aku harus mengencerkan enzim itu beberapa kali sampai absorbannya memiliki nilai tiga angka dibelakang koma. Artinya serapannya tidak terlalu kecil, karena dikhawatirkan substratnya sudah habis di 'degrade' oleh si enzim sehingga sisa substrat ini tidak terbaca oleh spektro. Ya udah, abis itu aku langsung coba encerin dengan beberapa pengenceran mulai dari 5 kali, 10 kali, 20 kali, 40 kali sampai terakhir 80 kali baru aku dapet absorban yang lumayan. Sebenarnya seneng juga sih, artinya enzimnya punya aktivitas yang sangat tinggi tapi...sayang sekali kurva tumbuhnya ancur :(
Kayaknya aku harus ngulang untuk cari pola pertumbuhan bakteriku dalam medium pati-petis udang, kalo liat dari pengalaman ukur densitas bakteri pake spektro kemaren sih rasanya tidak mungkin untuk dilakukan lagi deh, kayaknya aku mo coba pake metode Single Coloni Count, hhh....artinya aku harus begadang lagi, ambil sampel tiap 2 jam untuk dibibitkan dalam nutrient agar alias nanem bakteri...(let me take a deep breath), mana pak SS tadi nagih untuk diadakan seminar lab, yang jadwalnya sudah diundur 2 kali karena beberapa orang ada yang belom siap, termasuk aku :D
dan akhirnya pak SS minta untuk yang terakhir kalinya (sepertinya sih) kalo kita semua yang S1 di Lab Genetika kudu seminar lab tanggal 1 Agustus 2005, kalo tidak ikut tidak akan ada seminar susulan sehingga nantinya tidak bisa ikut sidang, hiyaa...mana nyuruh aku untuk bikin jadwal presentasi, aku mah ok2 aja coz aku bisa ngisi namaku di tempat no 2 dari terakhir, males banget-kan kalo harus presentasi pertama-tama, hehehehe....semoga aku tidak dibanzai :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home